1. Tanda Bintang

Kamis, Juni 01, 2017

a: gimana ukk fisikanya tadi?
b: mampu
a: sUMPAH BISA
b: *mampus
a: ......
b: ........

tanda bintang kadang bisa mengubah segalanya.

(source)

dalam konversasi media sosial, maksudku. simbol itu punya kegunaan terkutuk yaitu meralat kata yang salah ketik namun sudah telanjur terkirim; bisa kata yang tidak penting, kata yang memalukan, atau kata yang benar-benar berbeda dengan maksud sebenarnya; kayak yang kutunjukin di awal.

oke aku harus ubek-ubek percakapan demi percakapan di ponsel sih biar bisa nunjukin contohnya. jadii misalnya kayak gini.

a: jangan lupa bukber hari ini yaa
b: oklahoma
b: *ok
b: ... autocorrect
a: lollipop
a: *lol
b: ...
a: .......

kadang tanda bintang juga bisa untuk meralat kata yang kita udah jelas tahu kalau itu typo. jadi ... yah, nggak begitu penting jadinya.

a: aku baru begun wkwkwk
a: *BANGUN MAKSUDNYA
b: ... iya aku tahu kalau maksudnya bangun

tapi sekalipun ada typo yang sudah jelas ketebak maksudnya apa, kita sebagai manusia yang menuntut kesempurnaan (?) pasti punya sisi risih dan ngerasa butuh untuk ngeralat.

a: saty menit lagi
a: *satu
b: ngga usah diralat itu mah
b: tau tau maksudnya saty
b: *satu
b: ......
a: ... itu kamu ngeralat
b: ............

oke walaupun itu agak malu-maluin, tapi ada juga kata typo yang malu-maluin jadinya. dan itu bikin tanda bintang jadi seolah-olah nggak dihargai tugasnya, karena kita bakal terus ngetawain kesalahan yang dibuat pengirim pesan.

a: eh waktu maghribnya lebih dari kemaren
a: satu menit
b: merhatiin banget lol
a: soalnya waktu sahurnya lebih lama juga
b: iya aku tai
b: *TAU
a: LOL
b: TYPO PLIS
a: SCREENSHOT
b: BUAT APA
a: BLACKMAIL
b: NIRFAEDA

nggak penting oke, toh juga bukan pertama kali ada orang yang typo tau jadi tai. mungkin indonesia butuh bikin tatanan keyboard sendiri karena tiga huruf vokal jejer (u, i, o) itu bisa jadi masalah besar dalam sejarah ketypoan kata untuk bahasa indonesia.

typo itu manusiawi sih. makanya tanda bintang dibutuhkan di dunia ini, untuk meralat typo-typo yang bertebaran di sana-sini.


{untuk nulis random 2017 — 1/30}

You Might Also Like

0 comment(s)