Perhatikan Sekelilingmu.

Rabu, Desember 30, 2015

Apa, sih, artinya jaman sekarang?

.

.

/krik krik/

Salah, salah-_-

Itu kalimat yang salah.

Maksudnya, aku cuma pengen menggambarkan jaman sekarang di mana teknologi udah maju, di mana kebanyakan anak-anak itu sukanya main hape, ke mana-mana pasti buka hape, jarang bersosialisasi sama orang di sekitarnya. Aku masih inget waktu aku kelas 6 SD masa-masa gabut-setelah-UN, nyoba bis Trans Jogja yang waktu itu masih baru dan masih dalam masa percobaan, aku sama ralafadi jalan-jalan keliling jogja.

Aku bawa hapeku di saku, dan itu hape pertamaku. Karena SD Muh CC nggak boleh bawa hape, makanya aku juga baru dibeliin hape pas udah nggak terikat(?) sama sekolah. Di bis, kenalan sama bapak-bapak, Pak Nu, namanya. Lamaa banget. Dan sejauh yang aku lihat, waktu itu nggak ada orang sibuk dengan hapenya. Walaupun pada nggak ngobrol, seenggaknya pada nggak mainan hape. Pada merhatiin jalanlah, ada juga yang ngobrol, dan lain-lain.

Sekarang udah nggak ada. Maksudku, ada sih anak SD yang naik TJ, tapi udah nggak ada yang ngajak ngobrol orang-orang di sebelahnya. Kenapa? Ada tiga faktor. Anak SD nya asyik main hape, orang di sebelahnya asyik main hape, atau dua-duanya yang asyik main hape (atau dua-duanya marahan/?).

Aku sering liat di suatu rumah makan, dua orang pacaran malah sibuk main hape. Maksudnya mau gimana, sih? Mereka ngobrol lewat hape? Yaaa secara aku nggak tau mereka gimana dan emang nggak boleh kan ya asal menghakimi orang kalau cuma lihat dari satu sisi doang, tapi kan yaa, kalau bisa ngobrol kenapa enggak? Mereka ketemuan dan makan bareng buat ngobrol, kenapa malah main hape?


Tuh, lihat gambar di atas. Apa asyiknya jalan-jalan sama orang yang kayak gitu? Kasihan ceweknya, dia sengsara(?) QAQ Di rumah, si cowok kerjaannya main game melulu. Di manapun. Ngajak jalan-jalan juga cuma ke toko game, dan intinya tiada hari tanpa game. Memang sih nggak ada pengkhianatan ke cewek lain atau gimana, tapi kalau dia bersikap ke ceweknya kayak gitu, apa dia layak disebut sebagai manusia? Nggak ada sikap toleransi antar sesama?

.

.

/krik krik/
/bahasamu ras/

Aku nggak berniat menggurui gimanapun, sih, aku juga orang yang suka mainin hape kalo situasi lagi canggung atau biar aku nggak keliatan sendirian. Aku kan, juga bagian dari jaman sekarang. Tapi kalau dipikir-pikir, kalau sampai kelewatan, sampai ke mana-mana main hape, nggak bisa pisah dari hape dan lain-lain, miris juga T^T

You Might Also Like

0 comment(s)