National Novel Writing Month

Kamis, November 06, 2014

Ayo menulis novel! Aku bener-bener semangat buat ini! Soalnya targetku, novel pertamaku bakal terbit di tahun pertama aku SMA xD Sebenernya aku udah ada pegangan(?) cuma aku pengen bener-bener kerasa bikinnya sama orang-orang lain; bikin novel bareng-bareng!

Yap. National Novel Writing Month, atau yang bisa disingkat jadi NaNoWriMo (baca: nanorimo) itu ajang nulis novel yang start dari tanggal 1 November, dan berakhir 30 November yang di tanggal itu kamu dah wajib nulis 50.000 kata. Websitenya cek disini.

Ini bukan kayak komik yang bakal kita update per hari kok, dan orang bisa baca sepenggal-sepenggal tiap bab nya, sama sekali enggak. Justru, kita bakalan cuma nunjukin kalau kita mau buat novel dengan judul ini, lalu dengan sinopsis kayak gini. Sementara novel aslinya.. ada di Microsoft Word kita! 

Iya, aneh kan? Dan di profil kita, kita bisa nge edit berapa kata yang udah kita buat, dari target 50.000 kata itu. Jadi, bisa dibilang kalo mau curang-curangan, kita bisa ngarang buat judul dan sinopsisnya, lalu jumlah kata yang udah kita tulis juga ngarang aja. Anggapannya gitu, karena naskah asli novel kita bener-bener murni di tangan kita. Asik kan? Di sana 100% cuma buat cari temen dan berbagi pengalaman. Lalu yang utama: ini semacam tantangan buat kita. Apa kita bener-bener punya komitmen apa enggak xD

Gak usah main hitung-hitungan. Di sana bakal dikasih selengkap-lengkapnya kok. Misalnya aja, sekarang udah tanggal 6 November, tapi pra-novelmu masih 4757 halaman. Waktu kamu update itu bakal ada listnya. Dibilangin kalo targetnya 50.000 kata, dibilangin kamu kurang berapa kata. Dikasih tau ini udah hari ke berapa dan tinggal berapa hari juga. 

Bahkan, dikasih tau kalau seharusnya biar jadi 50.000 kata itu sehari harus berapa kata. Dan parahnya juga dikasih tau kalau kita yang baru 4757 kata itu cara ngejarnya sehari harus buat berapa kata. Jadi gak usah pake kalkulator lalu hitung-hitungan pake pembagian segala deh..

Kalau akun fanfiction, aku pakai nama Jepangku, Kaoru Ishinomori. Tapi kalau di akun nanowrimo.org itu, aku pakai nama asli x3 Walaupun yang lainnya pakai nama yang palsu. Toh juga bakal cuma aku buka sebulan setahun kan? Cari aja pake namaku, gampang ketemu kok~ Aku pernah buat thread di forum juga ;w;

Oke udah yaa xD Ada yang berminat mau ikut nanorimo? Ada komunitas NaNoWriMo Indonesia lho, soalnya itu event besar xD

You Might Also Like

0 comment(s)