Rasi Bintang: Ophiuchus

Sabtu, Juli 05, 2014

Sekarang di rumahku udah ada internet, jadinya aku gak perlu repot-repot ke warnet. Sebenernya setiap hari ada sih, cuma pake WiFi dan yah, agak gimana gitu kualitasnya :v Tapi sekarang udah ada dan karena aku punya banyak waktu buat browsing-browsing, sampailah kepada situs-situs yang jelas-jelas gak wajar :v

Awalnya, aku search di Google terjemahan Kamus Bahasa Sansekerta. Itu bermula dari Facebook waktu ada yang ngeshare foto ini:

Gak nyambung, emang-_-. Tapi selain karena itu TRUE, bahasa Jawa nya juga ngingetin aku sama Sansekerta.

Cuma bentar banget aku ngesearch itu. Lalu kayaknya aku terjun ke dunia jaman dulu deh-_- Aku akhirnya buka yang gak penting, penjelasan Suku Maya dan sebagainya. Habis misterius gitu, sih, jadi iseng deh. Lalu nyasar ke Bahasa Latin, dan di situ aku agak lama soalnya aku sekalian ngebuka-buka wikipedia tentang tokoh-tokoh waktu jaman Romawi-_-v

Oke lalu entah kenapa itu bikin aku ngesearch yang gak penting selanjutnya: Rasi Bintang. Bukan soal ramalan sih, cuma bahas zodiak doang. Lalu aku baru tau berita yang katanya menggemparkan waktu tahun 2011 yang lalu. Udah gak jaman banget, emang. Tapi kayaknya berita ini gak gitu bikin gempar masyarakat karena mereka udah terlanjur "salah kaprah" jadinya gak goyah deh pendapatnya.

Siapa tau yang belum tau bisa aku kasih tau(?) *apaini* Jadi, ini tentang berita bahwa ada zodiak baru, namanya Ophiuchus. Sebenernya kalo disuruh milih aku lebih suka nama Sagittarius karena kesannya keren aja kalo disebutin gitu, tapi ternyata tanggalku masuk ke Ophiuchus-_- Tapi astrolog juga sepakat kalo zodiak itu enggak dianggap. Aku salinin deh.
Pada tahun 2011 ketika vernal equinox terjadi pada tanggal 21 Maret, posisi Matahari tampak berada di rasi Pisces di dekat perbatasan Aquarius. Berbeda dengan saat pertama kali konstelasi zodiak dipetakan pada kisaran tahun 1370 SM, pada masa itu vernal equinox terjadi ketika Matahari masih berada di rasi aries. Dan di tahun 10000 nanti, Matahari pada tanggal 21 Maret akan tampak berada di rasi Scorpius. Matahari akan kembali tampak berada di Aries dalam kisaran 23000 tahun lagi.

Para astrolog ini bukannya tidak tahu mengenai keberadaan rasi Ophiuchus namun pemahaman mereka berbeda dari astronomi yang menggunakan basis data pengamatan sebagai acuan. Selain itu berdasarkan pemahaman mereka pergeseran Matahari akibat presesi equinox juga tidak relevan. Karena itu zodiak dalam astrologi tetap 12 dan rentang waktunya juga tidak berubah.
Jadi intinya, Ophiuchus ini cuma pengetahuan aja sih. Jadi makanya Sagittarius itu letaknya diantara rasi Ophiuchus dan rasi Capricornus. Dan aku juga mau share tanggal buat zodiak atonomi dan astrologi.

tanggal lahirku 17 Desember, dan itu nyaris :v

Entah itu maksudnya apa sih, tapi kayaknya keren(?) /plak/

Udah sih itu aja.-. Ngomong-ngomong, semester besok di keluargaku udah ada empat seragam berbeda lho. Kakakku emang udah kuliah dan adikku udah SMP juga, tapi besok ini aku SMA dan adikku yang satunya masuk SD. Jadi berasa kayak SD, SMP, SMA, kuliah(?) XD

You Might Also Like

2 comment(s)