Mata Pelajaran TIK Dihapus

Minggu, Mei 19, 2013

Selamat sore bloggers

Oke kayaknya udah kadaluwarsa banget ya aku ngangkat-ngangkat pembicaraan tentang ini-_- tapi baru hari kemarin aja aku stalk soal fakta itu dan ternyata aku nemu website wijayalab tentang alasan kenapa mata pelajaran TIK harus dihapus.

alasan mengapa mata pelajaran TIK dihapus diungkapkan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (WAMEN) bidang Pendidikan dan Perwakilan PUSKUR (Pusat Kurikulum dan Perbukuan) diantaranya :

  • “Anak TK dan SD saja sudah bisa internetan…”
  • lalu kenapa?
    memangnya anak TK/SD bisa belajar Microsoft FrontPage atau Windows Movie Maker sendirian? kalo misalnya gitu, kenapa matematika nggak dihapus sekalian? bukannya anak TK/SD bisa ngehitung?
  • TIK / KKPI bisa integratif (terintegrasi) dengan mata pelajaran lain *hm,hm*
  • Pembelajaran sudah seharusnya berbasis TIK (alat bantu guru dalam mengajar), bukan TIK/KKPI sebagai Mata Pelajaran khusus yang harus diajarkan
  • katanya anak jaman sekarang itu generasi bangsa, kalo misalnya suatu hari anak yang tidak mengikuti mapel TIK harus menjadi guru, gimana bisa pembelajaran harus berbasis TIK? sementara dia nggak pernah belajar TIK semasa hidupnya
  • Jika TIK/KKPI masuk struktur kurikulum nasional maka pemerintah berkewajiban menyediakan Laboratorium Komputer untuk seluruh sekolah di Indonesia, dan pemerintah tidak sanggup untuk mengadakannya
  • Banyak sekolah yang belum teraliri LISTRIK, jadi TIK/KKPI tidak akan bisa diajarkan juga disekolah

Dua alasan terakhir itu bisa ditoleransi sih. Mungkin emang, kalo TIK harus masih kurikulum, pemerintah nggak sanggup nyediain laboratorium komputer. Mana listrik di indonesia juga belum ada semuanya. Nahm tapi kalo misalnya seluruh bagian wilayah Indonesia udah ada listriknya, TIK nanti bisa diadain dan guru-guru yang ngajar TIK juga bisa ngajar lagi. Gitu kan, pemerintah? :)

Oke, yang perdebatan ku itu nggak usah dianggap. Cuma pertentangan kecil aja sih, semacam tekanan batin. Itu kan kalo misalnya aku nganggap dunia kayak hitam dan putih aja, padahal sebenernya nggak gitu juga. aku tau kalo di balik itu juga pasti ada alesan lain, jadi aku nggak perlu ikut campur tangan~

You Might Also Like

3 comment(s)